Senin, 21 Januari 2019

Harap Tenang, Ini Ujian

.
Bagi kalian yang mengaku update, pasti inget banget ucapan seorang MC nikahan di sebuah desa yang videonya viral di jagat internet.
.
"Mohon bersabar, ini ujian. Mohon bersabar, ini ujian dari Allah. Mohon ditahan emosi.."
.
Ucap sang MC berusaha menenangkan seorang tamu yang sedang mengamuk karena mendapati mantan pacarnya duduk di pelaminan bersama orang lain.
.
Trend akhirnya menjadikan kata-kata tersebut terkesan lucu dan penuh unsur komedi. Padahal, dalam konteks kehidupan, apalagi bagi seorang muslim, kata-kata tersebut sangatlah mendalam maknanya.
.
Yap, Ujian adalah keniscayaan bagi mereka yang hidup. Kalau mau menghindari ujian tapi masih hidup, ya susah dong Marimar~ 😜
.
Ga mungkin gituloh.. Makanya dari pada mencari cara lari dari kenyataan eh cobaan maksudnya, mendingan cari cara menghadapinya.
.
Nah tips pertama sekali saat menghadapi ujian adalah TENANG.
.
Kenapa tenang?
.
Orang yang sedang panik ga akan mampu berpikir jernih memutuskan sesuatu. Dia akan lebih banyak melibatkan emosi yang menyertainya saat cobaan a.k.a ujian itu datang. Pemikirannya tergesa-gesa dan segala pertimbangannya tidak matang-matang dipikirkan.
.
Orang di uji, rawan merasakan panik. Apalagi jika ujiannya berat dan dirasa berada di luar kemampuan. Perasaan tertekan akan terus menghantui, jika penanganan awal dalam menghadapi ujian yang diambil telah salah langkah.
.
Maka pertama, diri kita harus tenang. 
Kemudian, mulai sugestikan selalu pikiran untuk senantiasa positif. Mantapkan hati, bahwa Allah yang memberikan ujian sudah menyertakan kemampuan menyelesaikannya pada diri kita.
.
"Allah tidak akan menguji seseorang di luar batas kemampuannya"
.
"Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Dan sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan."
.
Maka beruntunglah mereka yang telah sadar sedang diuji. Jika mereka bersikap tenang, Husnudzon dan mantap berdoa pada Allah, serta berusaha mencari jalan keluar terbaik sambil menyandarkan hasilnya pada Allah, ujian tersebut akan segera berlalu.
.
*note to my self, yang seringnya masih belum lulus di soal ujian yang sama. Harap tenang dan bersabar, karena Allah bersama kita 😊*
.
@30haribercerita #30hbc19tenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar