Senin, 05 Desember 2016

Perjalanan Skripsi~

Lama tak jumpa, blog kuu..

Alhamdulillah sudah sidang skripsi tanggal 3 November 2016 (Kamis).. kata orang sih sudah S.Si (sarjana sains) walaupun belum resmi (yudisium atau wisuda). Tapi over all, perjalanan skripsi berakhir dengan melegakan. Bahkan sempat ada tangis bahagia sesaat keluar dari ruang sidang itu, bukan karena dosen yang menyeramkan, tapi karena teringat wajah teduh yang menanti kabar baik ini sejak lama, Umiku sayang. :)

Banyak yang hadir menunggu aku keluar dari ruang sidang, bahagia rasanya dapat support sebanyak itu :)
Bikin seneng pas liat mereka nungguin :)
Best friend kesayangaaan
Sebenernya perjalanan sampe akhirnya sidang itu panjaaaang banget, dimulai dari sekitar pertigaan awal tahun 2015 ( kalo ga salah)  baru mulai milih milih tema skripsi. Emang terhitung telat banget sih, biasa deh keasikan ngerjain yang lain jadi begitu deh (jangan ditiru yak!).

Awal nya setelah akhirnya dapet dosen pembimbing itu, langsung cari jurnal dan tema yang saya kuasai buat diajukan jdi judul skripsi. Tapi bener banget ya, nentuin tema yang langsung di acc itu adalah perjalanan panjaaaaaaaang. Kalo dihitung-hitung udah sempet belajar tentang 4 metode sampe akhirnya metode keempat yang khirnya di acc oleh pak dosen pembimbing satu tercinta.. Bahkan dulu udah pernah beres bikin 1 proposal skripsi, dan tinggal cari data, eh ternyata bapak dosen tercinta nya merasa ga pede kayaknya dan merasa kurang menguasai materi nya kalo tema itu (Quality Control) yang dijadikan skripsi. Yasudaaaaaaaah, apa mau dikata ya harus buat lagi dari awal. sabar..sabar..sabar.. 

Setelah kejadian itu, berlalu-lah 3 metode lainnya dan akhirnya berlabuhlah aku di metode ke-5 yaitu Bagging pada Diskriminan Linear. Agak mulus berlangsung pembuatan proposal ini, sampe saat mau nyusun BAB III (Metode Penelitian) mulai lah saya bingung. 
" Ini gimana cara ngolahnya? Lah kan datanya aja belom punya? "
Mulailah saya curhat ke bapaknya, dan disarankan harus sudah nemu data nya segera. setelah instruksi itu, bolak balik lah saya ke perpus, cari-cari jenis data apa yang bisa dipake untuk metode analisis itu. Dan bertemulah saya dengan salah satu skripsi yang data nya jenisnya pas seperti yang saya butuh. Langsung segera saya nembung dosen tercinta, dan awalnya ditolak dan mau dibantu cari data lain, tapi melihat ada variabel yang kurang dan hanya pas dengan data seperti data skripsi tersebut, bapak dosen berubah pikiran. Saya dibolehkan memakai data dari bank yang sama tersebut, dengan berbagai catatan. Alhamdulillah sudah ada jalan terang, walaupun masih belum terang-terang banget sih. 

Nah setelah dapet data ini, selesailah bimbingan di dosen tercinta pertama, berlanjut tuntutan bimbingan ke dosen tercinta dua yang juga adalah dosen wali yang saya hormati. Karena termasuk yang injury time saya diingat betul oleh bapak dosen kedua ini. Dan ternyata beliau begitu baik dan sangat amat mempermudah saya pada sesi bimbingan menuju Seminar Proposal Skripsi ini. Hanya dua kali saya bimbingan ke dosen dua, saya sudah di acc untuk daftar seminar proposal. Duh Gusti, bersyukuuuuur sekalii. Alhamdulillah. Setelah sempro ini perjalanan akan lebih jelas, insyaAllah.

Dosen pertama saya ini, merangkap juga sebagai dosen koordinator Tugas Akhir di Jurusan saya ini. Jadi terkait daftar sempro ini juga perlu berurusan dengan beliau, dan saat saya daftar beliau baiiiiiiiik banget. Ada syarat yang saya belum bisa memenuhi, tapi beliau bilang bisa menyusul. Alhamdulillah, pertolongan Allah lagi. 

Sampailah saat Sempro tersebut (28 Februari 2016, kalo g salah), peserta yang banyak hadir adalah adek-adek tingkat 2012 ke bawah. ya, it's okay lah memang jamannya mereka (saya nya aja yang telat :p). Saat sempro berlangsung, suasana nya sama sekali ga membuat nervous, bahkan saya merasa banyak sekali senyum-senyum saat menjawab pertanyaan, walaupun sebenernya ga terlalu mahir menjawab pertanyaannya. Adek-adek yang dateng saat itu pun bilang, kok saya bisa se-rileks itu dihadapan dosen yang menurut mereka ada yang agak 'mengkhawatirkan'. Ya, mungkin ini salah satu pertolongan Allah lagi. Alhamdulillah. :)

Sempro berlalu, saya revisi, revisi selesai, dan berlanjut nge-draf ke BAB yang selanjutnya, olah data dan pembahasan. Ini juga bagian yang cukup menguras tenaga. Di bagian ini, saya berulang kali bolak balik ngolah data, cari referensi buat ngolah data dengan software tertentu, belajar dari awal lagi tentang pengoperasian software tertentu untuk metode yang saya pakai di skripsi. Bahkan ya, di bagian ini pula hampir ada kejadian dimana saya ditengah ngolah data menemukan bahwa data yang saya dapat, ga bisa diolah dengan metode yang saya pake di skripsi. WHAAAAT!!! itu sangat membuat cukup bingung, ga bisa ngapa-ngapain. 

Dikasih pilihan sama dosen pertama untuk ganti data dengan mempertahankan metode, atau ganti metode lagi denga tetap pake data yang sama. saat itu pak dosen pertama meminta saya untuk cari data lain, dan itu cukup bikin males dan ngedrop karena data yang buat metode saya ini susaaaah banget nyarinya, dengan variabel-variabel yang saya cantumkan di skripsi. 

Walhasil, pilihan pertama ini kita stop dan akhirnya kita balik ke data yang sama, namun mengambil pilihan untuk mengganti sebagian metode nya karena asumsi yang awalnya harus dipenuhi gagal dipenuhi data yang saya pakai. Karena saya dan dosen pertama saya ini jadi makin akrab, bahkan beliau sampai duluan kirim pesan whatsapp ke saya dan menanyakan kenapa beum bimbingan lagi, saya jadi makin nyaman kalo mau tanya segala macam hal yang bikin saya 'mentok' saat ngerjain skripsi ini. Beliau baik banget, sampe akhirnya kejadian-lah metode yang harus diganti ini, beliau bantu saya nyariin metode penggantinya. Emang sih, beratnya buat saya, saya harus ngedraft tinpus dari awal untuk metode ini (k-Nearest Neighbor), dan harus belajar lagi dari awal, karena pas kuliah ga pernah ambil Data Mining. Well, sampe akhirnya saya putusin buat beli dua buku khusus buat ngerjain skripsi ini, biar ga kosong-kosong banget nih pemahamannya tentang Data Mining. 

Sampe ketemulah di saat mentok lagi cara ngolah data nya, karena ga paham gimana ngoperasiin Matlab, saya disarankan untuk pake software lain akhirnya, yaitu SAS, bahakan oleh bapak dosen pertama saya dikasih referensi buku yang ada listing SAS untuk metode skripsi saya, duuuh seneng banget (>.<) Setelah beralih software, alhamdulillah lebih mulus jalannya, pada bimbingan2 terakhir pembahasannya lebih ke cara optimalisasi parameter biar prediksinya lebih valid. Baru akhirnya saya di acc untuk bimbingan ke dosen kedua. agak mikir-mikir sbenernya, apakah bimbingan ke dosen kedua akan semulus saat mau sempro dulu? Dan ternyata...

Dan ternyata, lagi-lagi pertolongan Allah, sekali bimbingan bapaknya sudah nanya, kamu siap maju sidang kapan? Wuaaaaaah, bahagia tak terkira. Disepakati akhirnya setelah dua kali bimbingan ke dosen kedua saya akhirnya daftar sidang juga. Sidang untuk hari Kamis jam 13.00 tanggal 3 November 2016. Padahal saya daftar sidang mepet 6 hari sebelum hari H sidang, alhamdulillah lancar daftar nya, udah agak lega.

Nah sebelum sidang ini sebenernya ada syarat yang kurang, dan perlu dilengkapi maksimal hari senin, padahal daftar harusnya sudah beres syarat-syarat nya di hari jumat, Bapak dosen pertama lagi-lagi memberi kemudahan. Bersyukurnya saya karena beliau adalah dosen pembimbing sekaligus dosen koordinator skripsi jurusan. ;) Allah punya rencana ternyata..

Dan sidang pun berlalu, hingga saat ini saya masih menyelesaikan skripsi.. masih di penguji pertama. Mohon doa nya biar tetap bisa menjaga rime semangat menyelesaikan semua nya hingga wisuda. aamiin. 

*Pesan untuk mereka yang sedang menyempurnakan ikhtiarnya menyelesaikan Skripsi, banyak-banyak ber-husnudzon dan memohon kemudahan pada Allah.. InsyaAllah doa adalah senjata umat Islam, keajaibannya ga pernah terbayangkan. Saya itu sebelum sidang selalu berdoa pada Allah agar bisa dimampukan Sidang di akhir bulan Oktober, dan pengabulannya termyata tak jauh dari doa itu. Masya Allah. Allah Maha Kuasa. Tetap semangat kawan, menyelesaikan semua tanggung jawab akademik ini dengan ikhitiar terbaik. Semoga dimudahkan untuk kalian semua.*

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar