Kamis, 26 April 2018

Ngambeknya Anak-anak itu Sesuatu Banget..


Berlatih mendidik anak bisa juga ya dengan jadi seorang pengajar bimbel. Menghadapi marahnya sang anak karena ga mau dibilang salah, atau karena mereka yang merasa ga bisa saat dikasih soal latihan untuk dikerjakan. Khasnya anak-anak, jika kecewa mereka lebih sering menangis/ merengek , meskipun usianya bukan lagi TK ataupun SD Kelas 1.

Ngambek itu kayaknya hak segala pribadi, org dewasa pun juga bisa ngambek. Tapi, anehnya anak-anak itu marahnya cepat selesai, meski kita yang lebih dewasa masih berlarut bapernya 😂. Emang aneh ya emosi anak-anak. Kadang mereka dengan jelas merekam di dalam memorinya kemarahan orang dewasa kepada mereka, namun dengan mudahnya mereka lupa akan tingkah marah/ ngambeknya mereka.

Namanya juga belum matang akal nya, jadi masih tanpa beban melakukan segala hal. Harusnya sih ya, kita yang dewasa lebih banyak mengalah dan memahami mereka, bukan malah ikutan baper dan capek sendiri -karena pengen marah ke mereka tapi ga boleh 😧. (Ini lagi ngaca dan nasehatin diri banget)

Sempat membaca di suatu buku, anak-anak yang suka ngambek itu perlu dibantu untuk menjelaskan emosi apa yang sedang dirasakan. Tanyakan apakah mereka sedang merasa kesal? Sedih? Atau sedang merasa bingung dan takut? Biar mereka paham, cara mengekspresikan emosi yang sedang mereka rasakan. Jika cara mereka mengungkapkan perasaan tersebut bukanlah cara yang tepat- semisal melempar barang, berteriak atau diam yang berlarut-larut, sampaikan rasa kurang suka kita sebagai orang dewasa terhadap sikap tersebut dan berharap di kesempatan selanjutnya ia akan bersikap lebih baik. Tentunya diakhiri dengan senyum tulus menginginkan kebaikan bagi mereka atas nasehat itu.

Meskipun diri ini pribadi belum bisa mengakhiri dialog 'kejujuran' itu dengan senyum dan mimik wajah apresiasi yang tepat. 😟 sesuatu banget.

Bersikap terhadap anak orang lain saja sulit, apalagi bersikap terhadap anak sendiri ya nantinya. Nggak boleh terlalu memanjakan, namun tetap harus bisa jadi tempat ternyaman mereka berbagi segala cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar