Minggu, 07 Mei 2017

Allah hanya sedang menutup aibku

"Mba gak pernah marah ya?"
"Pernah ga sih sebel sama orang?"
"Kok kayanya baik terus sih?"

Celetukan salah seorang adek di kosan kepadaku..
Aku pun juga manusia, yang Allah jadikan punya akal dan rasa. Aku pun juga bisa, marah dan tiba-tiba menangis atas apa yang aku tak kuasa mengubahnya. Biasa. Kecewa bahkan hingga marah itu biasa. Namun aku hanya mulai lebih terlatih, untuk mengelola ekspresi marahku bukan dalam bentuk cacian atau kata-kata pedas. Aku mengalihkannya dengan banyak berisighfar dan menahan diri dari luapan emosi yang seringkali disusul penyesalan diri. 

Aku pernah marah sampai benar-benar merasa super duper jengkel. Bahkan tak tahan saat melihat wajah orang tersebut. Pernah. Dan masa-masa itu telah lewat. Aku banyak mengambil hikmah dari kejadian dipertemukan dengan tipe orang seperti itu. Aku marah. Dan sepertinya, Allah lah yang menutup aibku saat masa-masa aku terdahulu.

Saat dihampiri pernyataan itu, aku hanya terpikirkan doanya Sahabat Abu Bakr Ash Shiddiq saat dipuji oleh sahabat-sahabat yang lain..

اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

 
[Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka] ( Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah)


 Aku bersyukur sejauh ini, Allah bantu aku untuk menutupi celah aib ku sembari diri ini terus berusaha memperbaiki segala kekurangan diri.. Alhamdulillah hi rabbil 'alamiin.