Minggu, 27 Januari 2013

Saya (terjebak) di KAMMI

KAMMI.. Organisasi yang sangat asing bagi telinga ku saat 2,5 tahun yang lalu..
katanya Kepanjangan KAMMI adalah, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia..
terdengar agak mirip dengan KAPMI yang pernah kudengar di tahun terakhirku di SMA 12 Jakarta..
apa hubungan antar keduanya? entahlah. yang pasti saat itu aku enggan berurusan dengan keduanya krn keasingan yang aku rasakan.

Tahun pertama aku di UNDIP dan mengenal wisma, aku mulai diperkenalkan pada sekretariat KAMMI MIPA UNDIP yang ternyata adalah wisma (kos-kosan) ku sendiri.. agak ragu sebenarnya, tapi selama tak ada yang mencurigakan, aku fine dengan itu. 

Tanpa aku sadar sebenarnya sekelilingku adalah aktivis KAMMI, yang setiap agendanya selalu mengajak kami (penghuni baru di wisma) untuk hadir juga dalam agenda tersebut. Awalnya banyak yang enggan (termasuk aku), tapi karenkura sungkan dan malu untuk menolak ajakan itu, aku pun mengiyakan beberapa kali ajakan itu. Hingga saat tawaran ikut Dauroh Marhalah 1 itu datang kepadaku, aku hampir yakin bahwa aku tak akan berangkat ke acara itu,yaa..lagi-lagi itu karena kekhawatiranku yg sebenarnya kurang bukti.

Untuk kesekian kalinya aku pun mengiyakan ajakan ini,setelah di ceritakan oleh sang pembina wisma kebanggaan ku (Mb Rahayu) kisah dirinya yang dulu juga ikut DM1 dan beliau bilang tak ada yang salah dengan ikut DM1 kala itu. Saat itu aku berpikir, beliau saja tak merasa salah ikut DM 1, kenapa denganku?

Akhirnya aku pun berangkat ke DM 1, walaupun ikut tak sampai materi wajib selesai dikarenakan harus pulang untuk pemeriksaan gigi (pasang behel). Namun aku tetap dinyatakan lulus dari Dauroh Marhalah 1 MIPA saat itu, angkatan XX adalah sebutan untuk alumni DM1 2010 hingga kini.

2 tahun di kepengurusan KAMMI MIPA Undip itu rasanya..asxshgfsdjfhk.
Semuanya aku rasakan di Departemen Kaderisasi (HRD).. 

Tahun pertama : awalnya terasa asing dan aneh, dan merasa tak banyak berkontribusi, selain menghadiri Madrasah KAMMI 1 yang diadakan kaderisasi kala itu. tak terasa aku sudah mengikuti setidaknya 7-8 kali MK1, dimana itu merupakan parameter aku siap untuk diikutkan Dauroh Marhalah 2..

Tak yakin awalnya,aku pantas menjadi AB2 yang notabene adalah otak dari Komisariat KAMMI.. apa pantas? Namun melihat semangat patner ku yang juga akan berangkat juga di DM2, aku jadi terpacu, meniatkan keberangkatan DM2 ku ini tak lagi tanpa bekas, seperti beberapa materi di DM 1 sebelumnya..
Alhamdulillah aku akhirnya berangkat DM 2 Jakarta bersama 5 orang lainnya dr Semarang.


Tahun kedua : aku mulai mencintai KAMMI MIPA.. berawal dari kejadian LPJ KAMMI MIPA Undip 2011, yang ditolak sendiri oleh para staff nya karena merasa masih sedikit dilibatkan dalam kegiatan kepengurusan kala itu. Aku pun bertekad untuk banyak berkontribusi di sana. Di tahun kedua ku ini aku lebih merasakan aku peduli pada KAMMI, meng-agenda-kan prokernya bersama dengan departemenku, grup keluarga SIMFONI yg update infonya, dan juga pemahamanku akan ideologi gerakan ini yang makin aku rasakan disaat kepentingan berbagai pergerakan yang muncul di Semarang ini, aktif ikut beberapa Aksi Damai atas nama KAMMI Semarang dan kedekatan antar pengurus KAMMI tahun ini, dan juga atas perbaikan di Pra-DM 1 dan kenaikan Akreditasi KOMISARIAT MIPA Undip 2012.. :D

dan ke depan.. jalan ini akan semakin sulit, aku putuskan untuk melanjutkan tahun ketiga ku di KAMMI terncinta ini, dan merencanakan perbaikan apalagi yang bisa aku lakukan untuk nya dan kader-kader nya..
"Semoga Allah masih memperkenan kan aku tetap (terjebak) dalam kebaikan di KAMMI MIPA ini.."
dan masih bersama orang-orang yang senantiasa bersungguh-sungguh dalam mencapai kebaikan dan kesempurnaan ikhtiarnya dihadapan Rabbul Izzati :)

*ada lanjutannya InsyaAllah*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar