Sabtu, 18 September 2010

KAMPUS Itu Bukan SMA mu

   Seorang yang sudah mengenal da’wah sedari SMA bahkan SMP akan sangat menyadari bahwasanya ia memikul tanggung jawab berat sebagai seorang Da’i, sebagai makhluk yang dituntut untuk menyerukan kebaikan kepada manusia lainnya. Ia yang lebih dahulu mengenal tarbiyah akan menyadari bahwasanya banyak ilmu yang seharusnya ia pelajari tentang agama ini dan tentang kehidupan ini.
Namun tersadarlah bahwa keadaan da’wah SMP atau SMA amatlah lebih aman dibanding da’wah Kampus. Kampus, di mana da’wah menjadi lebih kejam dalam menyaring mereka yang lemah imannya. Di mana lebih banyak yang menghilang dari jalan ini, bila dibanding dengan mereka yang bergabung di jalan ini.
Maka dari itu bagi mereka yang akan memasuki kampus haruslah menyiapkan mental dan fisik untuk menghadapi kehidupan kampus, jika tidak mereka akan mudah terbawa arus kebebasan KAMPUS, entah kebebasan positifkah atau kebebasan negatif yang mereka lakoni? Mereka yang tidak membekali dirinya dengan persiapan akan menemui rasa kaget dan shock atas perbedaan yang amat mencolok dalam kehidupan kampus, terutama bagi mereka yang telah mengenal da’wah sebelumnya.
Memang tak terhindarkan lagi dimana ada kebaikan pastilah ada keburukan, begitu pula pergaulan kampus adanya anak kiri dan anak kanan dalam kesehariannya sudah tak mungkin terelakkan. Namun pentingnya lagi, keberadaan kedua aliran itu mepunyai lingkup yang amat luas. Menuntut pada da’i untuk bekerja extra dalam melancarkan da’wah dan juga dalam melakukan penjagaan hati.
Begitu pentingnya tarbiyah untuk membentengi diri dari penyakit hati dan kefuturan. Begitu pentingnya meluruskan niat semata karena illah kita ALLAH swt. Karena masa-masa kuliah adalah moment sang remaja menjadi seorang yang telah berprinsip dan menjadi pribadi matang yang menjalani proses pendewasaan diri dengan cara yang tepat dan benar.
Semoga mereka termasuk kita didalamnya menyadari betul pentingnya menjaga diri dan tarbiyah saat melewati kehidupan kampus yang makin menggila ini. Aamiin. Fh.

So, janganlah remehkan KAMPUS mu karena ia bukan SMA mu lagi.
Dan Beban keduanya adalah BEDA!
Siapkan diri menyambut amanah da’wah yang lebih dari sekedar SMA.
BANGKITLAH REMAJA INDONESIA CITA ITU MASIH ADA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar