Rabu, 12 Desember 2018

Curhatan Naiknya Berat Badan



Setelah pulang ke habibat asli di tanah perbatasan betawi dan sunda ini, nggak tau kenapa berat badan naiknya bisa ga kira-kira begini. Ada kayaknya naik hampir 6 kg!! 

Emangsih udh ada setahunan di tanah kelahiran ini, tp tetap aja untuk ukuran yang ga banyak kerjaan di rumah ini jelas adalah suatu kemunduran.

Banyak makan nasi, jajan ga dipikir, olahraga males-malesan bingit, separah-parahnya hidup ga beraturan, ya pas di rumah sini. Ga mikir uang makan bulan depan, ga mikir beban amanah berlebihan lagi (selayaknya dulu di kampus. Wkwkwkwk), kayaknya bener-bener jadi alasan yang bikin raga ini terus menerus nyaman. Sampe naik berat badan segitu banyaknya

Kenapa sekarang pengen nulis ini?
Lagi pengen mencoba Menerima kenyataan kenyataan tentang naiknya berat badan secara drastis ini aja si. Lagi pengen menyadarkan diri kalau terlalu banyak makan itu ga bagus buat aktivitas dakwah dan ibadah juga. 
Sebenernya upaya nurunin berat bedan itu udah sampe 3 kalian dilakuin selama setahun ini dan yang agak berhasil itu ada 2 kali percobaan. Hanya saja :" itu tak bertahan lama, sobat. 

Pertama, nyobain suplemen penurun berat badan. Berhasil sih, tapi setelah beberapa kali ke skip konsumsinya, jadi males banget nerusinnya. Padahal biaya beli-beli produknya lumayan mahal skitar 500rb. Maapkan daku maak~ sebenernya pas percobaan yang ini aku ngerasaain banget perbedaannya, badan emang berasa mengecil walaupun belum ngerti deh waktu itu turun berapa kg berat badannya (karena belom punya timbangan berat badan saat itu, jadi ga bisa periksa). 

Udah sampe ada yang ngeh juga dengan kurusannya aku saat itu. Seneng beud ada yang notice begitu. Walaupun menyiksa bener percobaan kali itu. Aku diminta nahan lapar dengan minum satu gelas (220 ml) suplemen shake dan ga boleh makan apa-apa selain minum air putih aja. Pas percobaan ini aku disiplin banget (di awal-awal), karena umi yang beliin produk itu 'strict' banget sama aku yang lagi ngejalanin diet dengan produk itu. Wkwkwkwk. Jadilah aku mendapatkan hasil perubahan, meski tak lama.

Pada percobaan ini beberapa kali aku mulai terhambat saat aku (yang sering puasa sunnah) aturan minum suplemennya jadi berantakan dan ke-skip ga jelas. Malem kan harusnya ga boleh minum selain air putih dan ga boleh konsumsi selain dari shake suplemen yang tadi aku bilang. Dan minum air putihnya sehari kudu-wajib-harus 2L, buanyak banget kan?

Nah aku sering banget lupa minum suplemen shake itu saat berbuka puasa. Udah keburu kenyang sama nasi lauk dan sayur favorit, minum suplemen dalam bentuk shake drink tersebut. Ya itulah awal mula, aku jadi berakhir males minum suplemen penurun bb (berat badan) itu. 

Dan beberapa hari stelah itu, mulailah drama-drama susahnya gulung lengan kemeja saat wudhu. Dimana hal tersebut adalah salah satu tanda-tanda berat badan naik lagi, ya kan?

Mau ketawa tapi sebenernya sedih tauu.. hiks.. hiks..

Percobaan kedua adalah saat bulan ramadhan tahun 2018 ini. Aku minta tolong ke umi, agar selama ramadhan itu aku ga akan makan nasi dan berbuka harus selalu disedian kurma muda. 


Kenapa? 


Karena aku ngerasa males banget olahraga kalo di Bekasi ini. Aku merasa perlu mengoptimalkan usaha nurunin berat badan itu dengan mengatur pola makan.

And you know? It works! Badan setelah selesai ramadhan kerasa lebih enteng, lebih kecilan, lebih pede gitu.

Tapi, lagi-lagi namanya juga lebaran, semua makanan enak-enak keluarnya ya saat Idul Fitri ini. Haduuh godaan iman saat diet banget inimah~ zzzzzz

Dan gagal lagilah upaya tersebut setelah masa-masa Idul Fitri selesai.

Berantakan lagi lah semua rencana merampingkan dan menyehatkan badan ini. 

Sampe semua kesadaran akan kemunduran ini diawali lagi ketika mulai punya timbangan berat badan. Waah. Kaget betul itu angka nambah jadi banyak sekaliiiiiiiii~

Malu dan kesel sama diri sendiri, kenapa berlebihan banget saat makan. Akhirnya mulailah merutinkan lagi puasa sunnah daud dan berusaha mengurangi konsumsi nasi. Berasa entengan memang walaupun postur badan ga langsung mengecil.

Kalo melihat orang berbadan gemuk lainnya yang bahagia, kadang sering bertanya-tanya alasan apa yang membuat mereka tersenyum dengan mudahnya. Meski terlihat berlebihan, tapi kepercayaan diri seseorang itu emang sebagian besar dipengaruhi oleh komentar orang sekitar pribadi itu lho.

Tau nggak yg bikin agak males ketemu banyak temen lama adalah kata-kata, "Eh kok kamu sekarang gemukan sih?" . Waah kalimat sakti itu ampuh banget bikin diri ini jadi agak menciut dan mulai ga suka sama diri sendiri saat itu. Kayak ga bersyukur gitu ga si?

Tapi emang bener jadi maju mundur jg, mau lanjutin rencana ketemuan itu apa nggak. Meski sebagian besar komentar itu ya ditelen sedikit aja sambil dibawa 'ketawa' dong, daripada baper berkelanjutan. Capek. Ya meski ada juga nasihat yang bilang, tampak seperti apapun dirimu, pe-de adalah kunci utama. Gemuk gapapa asal Pe-de. Ehehehe.

Ini adalah tulisan renungan dari pribadi yang gampang naik berat badan, dan susah banget nuruninnya. Dari pribadi yang pengen banget berbadan sehat dan mempu nya berat tubuh tidak berlebihan.. dari pribadi yang pengen banget ibadah nya ga terganggu akibat berat badan yang berlebihan. 

Udahan ah. 
Yuk berbenah lemak berlebih! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar