Sabtu, 18 Januari 2014

KKN Pingit 2014.. (Part 2)

Hari Ketiga.. (16 Januari 2014)
hari ini hari kamis, kita ngapain ya?
Oiya, hari ini kita bagi-bagi peran untuk hadir di pertemuan dengan warga Desa Pingit pertama kalinya secara umum.. Pak Busri selaku Kepala Desa (atau lebih familiar kita sebut dengan Pak Lurah Pingit), yang mengatakan akan memperkenalkan kami (TIM KKN UNDIP) kepada masyarakat. Pertemuan kali itu ada 2 dalam waktu yang bersamaan, Pertemuan Ibu PKK dan Pertemuan Kelompok Tani. Pertemuan itu diadakan jam 2 siang itu, jadi dari pagi sampai siang nenuju jam 2, kami hanya main-main dan bersantai-santai..
Sampai akhirnya pun tiba juga jam setengah 2, kami pun bergegas berangkat ke rumah Pak Busri untuk makan siang sebelum berangkat ke pertemuan tersebut. Yap kami dibagi jadi dua Tim;
Aku-Puteri-Aggie-Mas Fajar-Mas Taufiq yang akan menghadiri pertemuan ibu-ibu PKK
Mas Edy-Putri-Bella-Lufthy-Rizki-Ardy yang akan menghadiri pertemuan dengan kelompok Tani.

Tempat pertemuannya berbeda, sesampainya di rumah Pak Busri aku bingung karena ternyata ibu-ibu kader PKK sudah memenuhi rumah beliau, daaan.. motor-motor kami belum sempat dikeluarkan sebelum ibu-ibu berkumpul. Karena sungkan mengeluarkan motor, kami memutuskan untuk langsung beranjak ke tempat pertemuan masing-masing, tanpa makan siang terlebih dahulu. Aku pun langsung menempatkan diri di bagian yang kosong dari lingkaran pertemuan ibu-ibu PKK itu, dan rombongan Mas Edy,dkk pun berangkat ke tempat pertemuan di desa Lawang, agak ujung dari posisi rumah Pak Busri. beberapa saat ternyata rombongan satu nya balik lagi ke rumah Pak Busri, karena ternyata Nyasar dan gak menemukan tempat pertemuan yang dimaksud, akhirnya mereka pun tanya lagi ke Bu Lurah sebenarnya ke arah mana tempat pertemuannya. Sampai-sampai pertama kali kecapean jalan kaki di Pingit ini karena Nyasar tadi.

Cerita di Pertemuan PKK itu, ibu-ibu PKK itu sudah berkumpul cuma saja acara belum juga dimulai.
Kami menunggu, sambil mataku tertuju ke arah anak kecil ganteng yang masih berusia sekitar 10 bulan, lagi lucu-lucu nya. Aku pun pindah tempat duduk di dekat ibu muda itu, Ya, selayaknya baru kenal yang pertama aku tanya ya nama anaknya.. Nama anaknya itu Gio, dia aktif banget deh udah bisa jalan-jalan dan sukanya ketawa terus :)
Ternyata nama ibu muda ini, Mba Titi, beliau bilang kalo beliau jg pendatang baru di desa Pingit, beliau bilang sering ngeliat anak-anak KKN Undip, tapi mungkin kita nya aja yang nggak 'ngeh'. Mba Titi ngajak mampir ke rumah nya kalo aku nanti lewat sana. Dipertemuan itu kami mendapati Dusun Pingit Desa lagi ada mis-komunikasi terkait dana swadaya masyarakat untuk pembangunan infrastruktur jalan di desa tersebut, tapi itu lagi diklarifikasi oleh Bapak Kepala Dusun Pingit Deso di pertemuan itu.
Di lain pertemuan, ternyata ada insiden yang agak membuat shock teman-teman rombongan yang bertemu dengan Kelompok Tani. Mereka dikejutkan dengan reaksi agak emosional dari anggota kelompok Tani yang hadir, sepertinya permasalahan nya sama dengan yang tadi diklarifikasi oleh pak KaDus Pingit Desa. terutama Lufthy yang terlihat merasa tersudut oleh pertanyaan-pertanyaan dari anggota Kelompok Tani terkait proker nya Pembuatan Pupuk Alami. Tapi Subhanallah nya, Pak Busri sangat membantu teman-teman 'di sana', saat masyarakat menodong kami yang KKN ini untuk membuat peninggalan berupa infrastruktur pembangunan desa, termasuk terkait Pupuk itu juga..
Yah banyak bersyukur punya Kepala Desa yang sangat bisa diandalkan dan mengerti koondisi kami. :)

Hari Keempat.. (17 Januari 2014)
Hari ini, kita diajak latihan musik sama Mas Itung untuk acara peresmian Jalan di desa Lungge jam 1 siang ini. Yap,kita berangkat dan ternyata kita disana beberapa jam hanya terdiam menyimak band yang sedang persiapan tampil di peresmian jalan hr Sabtu besok (18/1) jam11 siang. Yaaah,karena kita bosen,kita minta ijin deh ke Mas Itung untuk pamit duluan.. yaah walaupun sebenarnya ada komunikasi yang salah di saat pamitan itu. Langsung pulang dan kita Istirahat.
Nggak terasa udah maghrib, dan ini adalah jam dimana akan datang banyak adek2 MI dan Mts yang tinggal di sekitar Posko KKN UNDIP yang akan minta diajarin belajar dan ngerjain tugas. yaah, beginilah nasib pengabdian masyarakat, walaupun ga ada di proker tetap namanya pengabdian masyarakat, apa yang bisa kami berikan untuk sekitar.. Lucu-lucu deh tingkah laku nya adek-adek satu ini, udah pada ganjen-ganjen.. Ya, tapi begitulah anak-anak, saya berusaha memahami lah ya..
Tapi senang nya malam itu dapat wejangan dari Umi, di masyarakat itu harus bisa cari banyak peluang kebaikan, termasuk kalo ada adek-adek kecil yang mampir ke posko juga, ajakin ngaji baca qur'an juga bisa :)

Hari Kelima..(18 Januari 2014)
Hari ini kita keliling lagi bagi tugas untuk ke MI, SMK, SDIT, MA di Desa Pingit..
Ada tiga rombongan.. ada cerita menarik hari ini, tapi TO BE CONTINUED dulu yaa :D

Selamat Istirahat semuaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar