Selasa, 19 Mei 2015

Pernikahan?

Tema itu sedang tiba-tiba hangat diperbincangkan, akibat sebuah tugas essay memandang pernikahan dalam sudut pandang yang tak biasa bagi seorang 'akhwat'..

Banyak kata-kata mengena dalam perbincangan hangat kajian sore itu :
  1. Sebagai bagian dari yang sudah terikat dengan jama'ah, maka orientasi menikah kita tuntunannya ada 3, yakni sesuai dengan Al-Qur'an, Hadits, dan Manhaj Da'wah.
  2. Sebagai seorang yang berjam'ah pasti dan sangat wajar jika menginginkan calon pendamping yang juga seorang aktivis di jama'ah ini. Bercita-cita tinggi untuk mendapatkan jodoh terbaik sangatlah perlu. Namun kita sebagai wanita yang ruang untuk memilih pasangan lazimnya hanya pada bagian menerima atau menolak, harusnya tetap menyiapkan secara mental jika Allah menjadikan jodoh kita ternyata bukanlah orang yang aktivis seperti kita, namun hanif dan bisa diajak untuk mendukung da'wah.
  3. Pun saat ternyata menikah dengan yang sama-sama aktivis da'wah pun masih saja akan banyak ditemui kejutan-kejutan atau bahkan mungkin kekurangan-kekurangan dari pasangan kita. Maka bersiaplah terhadap hal-hal itu, jangan berekspektasi terlalu tinggi kepada yang sesama manusia, walaupun yang sama-sama sudah mengenal da;wah sekalipun.
  4. Komunikasikan terhadap murobbi tawaran yang hadir agar hak murobbi sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap sikap kita dalam satu jama'ah ini terpenuhi, diskusikan dan minta pertimbangan dari beliau terkait tawaran yang datang. Perhatikan pula sebab-sebab jodoh tersebut datang kepada kita, apakah dengan cara yang benar lagi terhormat atau tidak.

Banyak tentunya harapan-harapan yang muncul dan melambung terkait mengahampirinya jodoh terbaik bagi setiap diri kita, namun sebagai hamba yang meyakini benar bahwa takdir Allah adalah yang terbaik harus selalu punya tempat di hati-hati kita, agar saat ekspektasi tidak setara bertemu dengan nyata, bukan penyesalan yang hadir namun husnudzon dan upaya terbaik mensyukuri nikmat Allah lah yang mengiringi perjalanan selanjutnya. aamiin..

*menunggu takdir yang datang tanpa menunggu kesiapan kita*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar